Tesis Ku

ABTRAKSI TESIS
ANALISIS STRUKTURAL KEBIJAKAN INVESTASI DAN PENGANGGURAN DI JAMBI
DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM









Dosen Pembimbing:
Prof.Dr. H Faturrahman Jamil, MA
Dr.Ir. H. Murasa Sarkaniputra


Disusun oleh:
Sucipto
02.2.00.1.08.01.0041





PROGRAM MAGISTER EKONOMI ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
1425 H/2004 M
Abtraksi Tesis
Analisis Structural Kebijakan Investasi dan Penganguran di Jambi dalam Prespektif Ekonomi Islam
Sedikitnya ada 2 alasan mengapa penelitian ini perlu dilakukan, pertama, peningkatan nilai investasi ternyata belum mampu menyerap tenaga kerja yang banyak, kedua, kebijakan yang terarah pada pemenuhan kebutuhan masyarakat banyak terabaikan terukur menurut minimnya peluang kerja dan rendahnya perhatian untuk peningkatan kualitas masyarakat. Kedua pernyataan di atas menjadi masalah utama dalam penelitian ini, yang kemudian akan diturunkan kepada pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan permasalahan di atas adalah:
1. Bagaimana Struktur-Struktur Investasi dan kesempatan kerja di Jambi?
2. Apakah berkorelasi positif atau negatif kebijakan investasi Pemda Jambi dengan tersedianya kesempatan kerja di Jambi 1990-2003?
3. Bagaimana dengan prespektif ekonomi Islam jika investasi secara struktural ditemukan negatif pada penyerapan tenaga kerja?
4. Bagaimana gambaran investasi dan kesempatan kerja di Jambi pada masa akan datang?
Penelitian ini dilakukan dengan mengeksplorasi data deret waktu sehingga digunakan beberapa metode analisis data seperti Korelasi, Metode ini berguna untuk menganalisis hubungan antara investasi (X) dan tenaga kerja yang terserap (Y), lowongan kerja (X) dan pencari kerja (Y) akan dilihat hubungan dengan koefesiensi korelasi, Korelasi Peringkat Spearman, Regresi dan Time Series Data.
Metode-metode diatas juga berguna untuk menganalisis data yang berdasarkan deret waktu, untuk mengetahui berapa besar tingkat perkembangan kesempatan kerja dan investasi di Jambi pada tiap tahun, kemudian diprediksi dengan metode regresi, berguna untuk mengetahui bagaimana gambaran investasi dan peluang kerja di Jambi pada tahun-tahun akan datang.
Kebijakan investasi secara struktural di Jambi lebih terfokus pada sektor industri, hal ini terlihat besarnya pangsa bagi sektor ini dan meningkatnya jumlah perusahan yang bergerak di sektor tersebut. Kondisi ini akan mempengaruhi pasar tenaga kerja yang mulai dan telah berpindah dari sektor pertanian ke sektor industri. Selain itu Investasi di Jambi yang terbagi atas dua kategori PMDN dan PMA.
Kebijakan yang diambilpun secara struktural ditemukan negatif, di mana peningkatan investasi PMDN tidak serta merta mengurangi penganguran di Jambi, hal ini bisa sebabkan oleh minimnya investasi atau mungkin tidak berjalannya kontrol BKPMD atas investasi yang masuk ke Jambi sehingga peningkatan nilai investasi baik kumulatif ataupun tambahan belum mampu membuat lapangan kerja baru di Jambi bagi ratusan ribu pencari kerja.
Ada beberapa factor tidak berjalannya peningkatan investasi juga akan mempengaruhi peluang kerja dan mengurangi pengangguran di Jambi:
- Investasi dalam sector industri dan konglomerasi besar yang monopolistic.
- Belum optimalnya kebijakan pemerintah daerah dalam hal ini membuka akses yang besar dalam mengelola dana investasi bagi UKM dan IKM di Jambi yang mengarah pada kepentingan pengembangan ekonomi kerakyatan.
- Tidak berjalannya kebijakan yang mengarah pada growth with equity, masih lemahnya kebijakan yang berorientasi pada pemenuhan hajat hidup orang banyak yang termaktub dalam UUD 1945.
Arah kebijakan investasi dan upaya pengurangan jumlah pengangguran di Jambi masa akan datang dalam prespektif ekonomi Islam untuk kasus Jambi adalah:
- Kebijakan-kebijakan Investasi Pemerintah Daerah Jambi seyogyanya menyangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat Jambi akan peluang kerja yang memadai dengan kemampuan personal yang mendukung
- Adanya Peraturan daerah yang mendorong percepatan dan pembukaan peluang kerja sehingga masalah penganguran di Jambi akan cepat teratasi, rumusan Perda yang ditawarkan bersifat mengikat dan memenuhi prinsip-prinsip amanah sebagai landasan menjalankan Perda tersebut.
- Kebijakan Investasi untuk masa datang adalah kebijakan yang harus memperhatikan dan memahami bahwa nilai uang dalam milyar rupiah yang telah diprediksi tidak sama dengan nilai uang pada masa sekarang yang berarti, modal yang padat fungsinya dan bentuknya yang lebih mengikat sehingga dalam pengelolaan tidak terjadi masalah seperti mubazir dan isrof. Perhitungan yang secara matematis dan dinamis ditentukan dahulu dengan mengedepankan prinsip cooperatif dalam pengelolaan dana investasi yang terarah pada investasi padat karya dengan akad musyarakah.
- Strategi baru yang diperlukan ialah tentang realokasi sumber daya manusia dan alam serta dana melalui reformasi politik RAPBD yang sama sekali harus mengutamakan kepentingan rakyat terukur menurut sasaran terpenuhinya kebutuhan pokok itu. Pada gilirannya harga kebutuhan pokok yang adil, baik untuk barang maupun jasa, oleh masyarakat luas akan terjangkau. Dalam kaitan ini maka politik kompensasi harus ditujukan kepada mereka yang memproduksi kebutuhan pokok tersebut di atas. Petani tanaman pangan dan kelompok miskin lainnnya harus terlebih dahulu menerima kompensasi ini berupa : pembebasan biaya pendidikan bagi anak-anaknya selama sembilan tahun, bebas dari biaya pengobatan, bebas dari pembayaran untuk penerangan listrik, dan tersedianya air yang cuma-cuma untuk keperluan sehari-harinya yang kesemuanya diturunkan dari konsep kebutuhan pokok di atas.






















Daftar Pustaka
Ahluwali, Montek S, Income Inequality: Some Dimension Of Problem Redistribution.

Ahmad, Ziâuddin Al-Qur’ân: Kemiskinan Dan Pemerataan Pendapatan, (Yokyakarta: PT Dana Bakti Prima Press, 1998) cet. 1

Al-Gore, Earth In The Balance: Ecology And Human Spirit, (Hougton Mafflin: USA, 1992) diterjemahkan oleh Mukhtar Lubis, Bumi Dalam Keseimbangan: Ekologi Dan Semangat Manusia, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1994)

Asian development Bank. (1993). Key indicator of developing Asian and Pacific countries. Manila: Economics and Development Resource Center.

BPS, Sakernas, 1992

Chapra, Umar, The Future Of Economics: An Islamic Perspectif, (Jakarta: SEBI: 2001)

____________, Islam Dan tantangan Ekonomi, (Jakarta: Gema Insani Press Dan Tazkia Insitut: 2000)

Chenery, Hollis And Syrquin, Moises With The Assistance Of Hazel Elkingson, Pattren Of Development 1950-1970, (A world Bank Reseach Publication, Oxpord University Press, 1975)

Choudhury, Masudul Alam, Contribution To Islamic Economic Theory: a Study in Sosial Economics, (NewYork: St. Martin’s Press: 1986)

Depag RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, (Semarang: CV Toha Putra, 1989)

Darinanto, Agus, (Disertasi), Analisa Kesempatan Kerja Indonesia, (IPB Bogor tahun 2001)

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Penyunting Umi Basirah , dkk, (Jakarta: Balai pustaka, 1996) cet ke-6, Edisi kedua

Djoyohadikusumo, Soemitro, Masalah-Masalah Pokok Dalam Pembangunan Masa Depan, (Jakarta, 1977)

________________, Soemitro, Masalah Penduduk Dan Kesempatan Kerja Dalam Jangka Panjang, (Prasarana Menteri Negara Riset Untuk Seminar Tentang Kependudukan Dan Kesempatan Kerja, Jakarta 14 desember 1977)
Faqih, Mansur, Sesat Pikir Teori Pembangunan Dan Globalisasi, (Yokyakarta, 2001: Pustaka Pelajar dan INSIST) hal. 62

George, Vic and Paul Wilding, Ideologi Dan Kesejahteraan Rakyat, ( Jakarta: Grafiti, 1992)

Ghandhi, Mohandes K, An Authobiography, The Story of My Experiment With Truth, (Boston: Beacon Press, 1968)

Iqbal, Muhammad, Pembangunan Kembali Alam Pikiran Islam, (Jakarta: BULAN BINTANG, 1983), Cetakan Ketiga

Johnson, Paul M, Kamus Ekonomi-Politik, (Jakarta: Insep –Teraju, 2003) hal. 235

Jones, Charles O, An Introduction to sthe study of Public policy, (1970: Wodsworth, Belmont, CA)

Jambi Ekpress, 21 Mei 2001

Khaf, Monzer, Ekonomi Islam (Telaah Analitik Terhadap Ekonomi Islam ), (Yokyakarta, Pustaka Pelajar: 1997)

Mannan, M.A, Islamic Economic: Theory and practice, (london: houder and Stoughton Ltd: 1977).

Metwally, M.M, Teori dan Model Ekonomi Islam, diterjemahkan oleh Husein Sawit, (Jakarta: Bangkit Daya Insani, 1995)

Meyers, Albert, Azas-azas Ekonomi Modren, (Bandung, 1969)

Monografi Jambi, Badan Pusat Statistik Jambi, 1999

Mountjoy, Alan B, Industrialisasi Dan Negara-Negara Dunia Ke tiga, (Jakarta, Bina Aksara : 1984)

Mubyarto, dalam makalah tentang Teori Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Ekonomi Pancasila (2003)

Pemda Jambi, Jambi Dalam Angka, 2001

Peraturan Daerah Propinsi Jambi Nomor 4 Tahun 2001 Tentang
Garis-Garis Besar Pembangunan Daerah Jambi Tahun 2001 - 2005
Piaget, Jean, Strukturalism, (New York, Hasrper &Row: Presess Universitaries, 1968)

Progress Report Gubernur Jambi tahun 2000 di depan anggota DPRD Jambi

Rachmad, R, Kebijakan Pengembangan Investasi Daerah Provinsi Jambi Sekarang Dan Mendatang, makalah yang disampaikan pada diskusi yang diselenggarakan oleh Badan Penanaman Modal Provinsi Jambi, 2003.

Rencana Strategis Daerah (RENSTRADA) Propinsi Jambi tahun 2001 yang dirumuskan pemerintah demi kepentingan kemajuan ekonomi, social, politik di Jambi.

Sarkaniputra, Murasa, Hutanku, Hutanmu Dan Hutan Kita Semua, (Yayasan Bina Gunung Salak, Bogor: 2003)

_________________, Tauhidi Epistimologi, Diktat Semiloka Silabi Ekonomika Islam, 2003, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

_________________, Reveleation Based Measurment, Makalah pada seminar di Malang 2004.

Sayogyo, Garis kemiskinan dan kebutuhan minimum pangan. Kompas 17 November 2003

Sen, Amartya, On Ethics and Economics, (Blackwell, 1988)

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian (editor), Metode Peneletian Survai, (Jakarta: LP3ES: 1987)

________________, Penduduk dan Perubahan, (Yokyakarta, Pustaka Pelajar, 1996)

Smith, Arthur Edmund, Social Welfare Policy and Services in Social Work Education, (New York: Assocition press, 1959)

Smith, James Gold, The Trap, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1996)

Soejatmoko, Dimensi Manusia Dalam Pembangunan, (Jakarta: LP3ES: 1983)

Sukirno, Sadono, Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan, (Jakarta: Lembaga Penrbitan UI: 1978)

Tinbergen, Jan, et al, Ilmu Ekonomi Di Masa Depan Menuju Paradigma Ilmu, (Jakarta: LP3ES, 1983)

Tjkroamidjojo, Bintoro, Perencanaan Pembangunan, (Haji Mas Agung, Jakarta:1990)

Todaro, Michael P, Pembangunan Ekonomi, (Jakarta: Bumi Aksara dan Longman, 2000).

Umar, Husain, Petunjuk Lengkap Membuat Skripsi dan Tesis (khusus untuk Ilmu Ekonomi dan manajemen), (Jakarta: Rajawali Press: 1996)

www.Bappedajambi.go.id

Yafie, Ali, Menggagas Fiqih Sosial, (Jakarta: 1994)

Walpore, Ronald E, Pengantar Statistik, (Jakarta: PT Gramedia,1995) hal. 355-356

World Bank. (1990). World Development Deport 1990: World Development Indicator. Washington: Oxford University Press.























DAFTAR ISI
Persetujuan Pembimbing………………………………………………………... i
Kata Pengantar…………………………………………………………………... ii
Daftar Tabel……………………………………………………………….…….. iv
Daftar Gambar…………………………………………………………….…….. vii
Daftar Isi………………………………………………………………………… viii
Peta Sumatra…………………………………………………………………….. xii
Peta Propinsi Jambi……………………………………………………………… xiii

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang………………………………………………………. 1
B. Perumusan Masalah…………………………………………………. 6
C. Pertanyaan penelitian……………………………………………….. 7
D. Kerangka fikir dan hubungan variabel penelitian…………………… 7
E. Tujuan dan Signifikansi Penelitian…………………………………. 8
F. Kegunaan Penelitian………………………………………………… 9
G. Hipotesa……………………………………………………….…….. 9
H. Metode Penelitian……….…………………………………..………. 10
I. Kajian Pustaka….…………………………………………………… 15
J. Sistematika Penulisan….……………………………………………. 18


BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Pengertian Struktural …………………………………………………. 20
B. Pengertian Kebijakan…………………………………………………. 22
C. Pengertian Pengangguran……………………………………..………. 43
D. Strategi Pengentasan Pengangguran…………………………….…….. 46
E. Karakteristik Pengangguran…………………………………….…….. 47
F. Model Ekonomi Makro: Penganguran………………………………... 48
G. Pengertian Investasi…………………………………………………… 55
H. Prinsip-Prinsip Kebijakan Investasi Dalam Islam……………….……. 58
I. Struktur Pekerjaan ……………………………………………………. 62
J. Teori Penciptaan Kesempatan Kerja …………………………………. 63

BAB III GAMBARAN UMUM INVESTASI DAN PENGANGGURAN DI JAMBI
A. Letak Geografis……………………………………………………... 66
B. Sumber Daya Alam…………………………………………………. 70
C. Pertumbuhan Ekonomi……………………………………………… 80
D. Penduduk dan Lapangan Pekerjaan…………………………………. 82
E. Pendapatan Daerah Bruto (PDRB) Jambi…………………………… 85
F. Rumusan-Rumusan Kebijakan Investasi……………..……………... 86
G. Arah Kebijakan ……………………………………………………... 99
H. Pengangguran, Lapangan Kerja Dan Peluang Kerja………………... 103
BAB IV ANALISIS KEBIJAKAN INVESTASI PEMDA DAN PENGANGGURAN DI JAMBI.
A. Pendahuluan……………..……………………………………...…… 105
B. Tingkat Keberhasilan Dan Kegagalan Investasi……………..……… 107
C. Struktur Investasi, Pengangguran dan Kesempatan Kerja…………... 114
D. Kebijakan Investasi Dan Kesempatan Kerja.……………..………… 124
E. Proyeksi Sector Investasi Dan pengangguran Masa Depan………… 137

BAB V KEBIJAKAN OPERASIONAL BAGI INVESTASI YANG MENYERAP TENAGA KERJA YANG BANYAK.
A. Pendahuluan …………………………………………………….… 136
B. Perencanaan Investasi dan Pengentasan Penganguran di Jambi dalam Prespektif Ekonomi Islam…………………………………… 139
C. Reformasi Kebijakan Investasi……………………………………... 157
BAB VI PENUTUP
A. Kesimpulan. ……………..………………………………………… 185
A. Rekomendasi. ……………..……………………………………….. 188
DAFTAR PUSTAKA……………..………………………………………. 190
Lampiran-lampiran…………………………………………………………























DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Identitas :

Nama : Sucipto
Tempat/tanggal lahir : Jambi/ 14 mei 1977
Jenis kelamin : laki-laki
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat : Jl Suplir III Rt:08 no: 35 Simpang kawat, Kota baru, Jambi
(0741-41142)

Riwayat pendidikan :
Formal
- Sekolah Dasar Negeri 144/IV, kotamadya Jambi, 1989
- Madrasah Ibtidaiyah SwastaYayasan Baiturahim Jambi, 1989
- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jambi, 1992
- Pondok Pesantren Darul Rahman Jakarta, 1996
- Jurusan Muamalah Fakultas Syari’ah, IAIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi, 2001
- Program Pasca Sarjana (S2) konsentrasi Ekonomi Islam UIN Syarif Hidatullah Jakarta, 2001-sekarang.

Informal
- Kursus Bahasa Inggris for communicatian, Jambi Educational Center, 1996-1998
- Seminar Nasional Wawasan Kebangsaan, gedung PKBI Jakarta, 1997
- Pelatihan Kader Lanjutan (PKL) PMII Cabang Ciputat, 1997
- Sekolah Analisa Sosial, Jambi, 1998
- Pelatihan Advokasi Buruh Mirgan Jambi, 1999
- Kuliah Informal “Kajian Ilmu Ekonomi Islam (KIEI)“ di Universitas Indonesia dengan materi “Commercial Islamic Banking dan Akuntansi Syari’ah.”.

Riwayat Pekerjaan.
- Dosen luar biasa bahasa Arab fakultas Syari’ah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2000-2001
- Community organizer (CO) Wahana lingkungan Hidup Jambi. 1999

Aktivitas ektra Kampus
- Pendiri Front Mahasiswa Cinta Keadilan Jambi, 1998
- Presedium Yayasan Keadilan Rakyat (YKR) Jambi 1998-2000
- Koordinator Cabang Jaringan Mayarakat Pemantau Pemilu Indonesia (JAMPI) Kerinci, Jambi, 1999
- Devisi Propaganda Serikat Rakyat dan Mahasiswa Jambi (Serambi), 1999
- Panitia Rembuk Mahasiswa Nasional Indonesia (RMNI) IV di Jambi, 2000
- Menteri Jaringan Informasi Kampus BEM IAIN Jambi, 1999-2001
- Ketua Dewan Legilatif Mahasiswa (DLM) IAIN STS Jambi, 2001
- Pengurus DPW Gerakan Pemuda Ansor, Jambi, 1999-2002
- Ketua Bidang Kaderisasi PMII Cabang Jambi 2001
- Ketua LSM Galang, Jambi, 2003
- Dewan Pendiri dan ketua lembaga Geliat anak Negeri, 2003

Penelitian dan Karya tulis
- Ideologi Keadilan dalam konsep ekonomi Islam, Skripsi, Fakultas Syariah, IAIN Jambi
- Agama Rakyat Versus Agama Borjuis, 2002, dimuat di Koran Jambi Ekpress
- Ekonomi Islam suatu tinjauan historis, dimuat dalam Buletin Ikatan Alumni Darul Rahman, 2004
- Makna Pemilu Bagi masyarakat Akar rumput di pinggiran kota Jakarta, 2004
- Kemiskinan Di Perkotaan Studi Atas Sopir-Sopir Angkot di Jakarta, 2004
- Catatan politik buat sang presiden dari komunitas akar rumput, 2004
- Analisis Struktural kebijakan Investasi dan Pengangguran di Jambi Dalam Prespektif ekonomi Islam, Tesis, 2004